Pejabat Daerah
pasang iklan anda disini
Alamat

Jalan T. Ben Mahmud No. 11 A
T A P A K T U A N
ACEH SELATAN
Kode Pos 23715
Telp. 0656-21513 Ext. 217,218,219
Fax. 0656-21677

Publikasi Daerah

Sukses HUT RI, Aceh Selatan Mulai Demam Persiapan PKA-6

Tanggal : 09/01/2013, 00:22:07, dibaca 355 kali.

Setelah sukses menyelenggarakan perayaan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia,  para pejabat Pemkab Aceh Selatan mulai demam dengan persiapan menghadapi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-6.

Demam PKA ini ditandai dengan kesibukan panitia, melakukan persiapan pelatihan para atlit yang ikut dalam permainan rakyat. Mengingat keunggulan Aceh Selatan dalam PKA 4 dan 5, adalah dari permainan rakyat. Sehingga tidak heran, kabupaten lain sempat menjuluki atlit daerah penghasil pala ini, dengan sebutan tim uka-uka.

Sejumlah permainan rakyat yang dinilai menonjol di antaranya gelayang tunang, galah-galah asin, menangkap ikan (belut), angglang (gentruet) serta sejumlah permainan tradisional lainnya, termasuk menangkap bebek dalam air.

Demikian pula bidang budaya dan adat istiadat, termasuk para pejabat SKPK bersama keluarganya, mempersiapkan pakaian adat. Pasalnya, mereka diwajibkan mengikuti karnaval budaya menjelang pembukaan, dijadwalkan 19 September 2013 mendatang.

Bupati HT Sama Indra, SH, mengaku belum puas dengan persiapan panitia yang dinilai belum memadai. Dari gambaran yang terlihat dalam penampilan hiburan gebyar HUT RI pekan lalu, jelas panitia harus bekerja ekstra keras dan profesional.

Begitu pun ia yakin, jika panitia memiliki semangat kebersamaan dan kekompakan, sebagaimana diperlihatkan dalam HUT RI, Aceh Selatan bakal mampu mengukir kembali tinta emas, menjadi juara umum seperti pernah diraih dalam PKA-4 lalu.

“Dana besar bukan jaminan menggapai prestasi, tetapi lebih semangat kebersaman dan kekompokan serta mendapat dukungan dari segenap lapisan masyarakat,”kata Bupati Sama Indra, di Tapaktuan, Minggu kemarin.

Menurut bupati, menjelang keberangkatan ke Banda Aceh, pihaknya  akan mengevaluasi persiapan PKA tersebut melalui gladi resik atau semacam PKA mini, direncakan berlangsung di gedung pertemuan rumoh agam, Jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan.(07).



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :