Pejabat Daerah
pasang iklan anda disini
Alamat

Jalan T. Ben Mahmud No. 11 A
T A P A K T U A N
ACEH SELATAN
Kode Pos 23715
Telp. 0656-21513 Ext. 217,218,219
Fax. 0656-21677

Publikasi Daerah

Program Pertanian Aceh Selatan Tetap Pada Produk Unggulan

Tanggal : 12/15/2012, 09:37:32, dibaca 798 kali.

Arah dan kebijakan Pemerintah kabupaten Aceh Selatan untuk sector pertanian pada program kegiatan tahun anggaran 2013 tetap terfocus pada tiga produk unggulan, yakni Padi, Kacang Tanah dan Jagung.

Demikian disampaikan kepala Dinas Pertanian, Perternakan dan Holtikultura kabupaten Aceh Selatan, Ir. Darman, usai membahas rencana program kegiatan tahun 2013 dengan Komisi B, DPR setempat Kamis, (13/12/2012).

Ia menerangkan, unsur tanah diwilayah Krueng Baro kecamatan Labuhanhaji hingga Tapaktuan sangat cocok untuk tanaman Padi dan Kacang tanah, dan diwilayah kecamatan Pasieraja sampai kecamatan paling Timur kabupaten yakni Trumon timur, subur untuk tanaman Padi dan Jagung.

“Guna menunjang pertanian sector tanaman padi pada tahun 2013 ini pemerintah akan membantu membangun dua kilang padi mini sebagaimana yang telah berjalan di negeri tetangga Thiland. Tehnologi pengembangan pertanian padi disana akan coba di kembangkan di Aceh Selatan,” katanya.

Selain itu, lanjut Darman, pemerintah Aceh melalui Wakil Gubernur Muzakir Manaf berencana membangun Pabrik jagung di kawasan Trumon guna menampung seluruh hasil pertanian jagung masyarakat setempat untuk dijadikan bahan baku siap olah. Kata dia, jika rencana ini terwujud maka upaya pembangunan gudang-gudang penyimpanan jagung bagi KUD petani dapat di programkan. Begitu juga gudang untuk penyimpanan hasil pertanian kacang tanah.

“Sedangkan pertanian lainnya diluar produk unggulan tidak menjadi proritas, seperti cabe hanya target pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Expo Ternak, Penang

Kabupaten Aceh Selatan bersama beberapa kabupaten di Aceh lainnya memperoleh undangan untuk mengikuti pameran ternak yang berlangsung di negeri jiran Malaysia, tepatnya di Penang.

Ajang ini, menurut Darman merupakan moment bagi Aceh Selatan dalam mempromosikan hasil-hasil perternakan khususnya sapi berbagai jenis yang dibudi dayakan. (Iq)



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :